Datang ke LP Gunung Sindur, Fadli Zon: Jenguk Abu Bakar Sekaligus Tinjau Kondisi Lapas

SHARE:

Datang ke LP Gunung Sindur, Fadli Zon: Jenguk Abu Bakar Sekaligus Tinjau Kondisi Lapas
Wakil Ketua DPR Fadli Zon bersama Abu Bakar Ba'asyir di Lapas Kelas III Gunung Sindur, Bogor, Rabu (10/5/17)
Fadli Zon Minta Klarifikasi Soal Nama Besar dalam Kasus Korupsi e-KTP
Takut Dikorup, Fadli Zon Protes Rencana Penginvestasian Dana Haji untuk Infrastuktur

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Fadli Zon mendatangi Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas III Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Rabu (10/5/17).

Politisi Partai Gerindra tersebut mengaku datang ke lapas untuk menjenguk Abu Bakar Ba’asyir, terpidana kasus terorisme.

“Kami dapat laporan ini tempat Abu Bakar Ba’asyir, yang mendapat perhatian publik, Saya juga ingin lihat Pak Abu Bakar,” ujarnya.

Fadli juga mengaku kunjungannya merupakan salah satu bentuk pengawasan DPR untuk meninjau langsung kondisi lapas.

Fadli menyebut kondisi lapas saat ini cukup baik karena tidak mengalami over kapasitas sehingga manajemen tahanan bisa jauh terkendali. “Tidak ada masalah yang menonjol,” sambungnya.

“Jumlah pegawai sebanyak 47 orang dengan regu pengamanan 15 orang dibagi dalam tiga regu. Mereka bertanggung jawab menjaga 848 warga binaan,” tutur lagi.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa Lapas Gunung Sindur memiliki luas tanah 36.000 m2 dan luas bangunan 15.140 m2. Lapas tersebut terdiri dari empat blok hunian dengan kapasaitas 1.308 orang dan pada tahun 2015, Lapas Gunung Sindur memiliki pengamanan ekstraketat.

Seperti diketahui, Abu Bakar Ba’asyir saat ini tengah menjalani hukuman setelah Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada tahun 2011, menjatuhkan vonis 15 tahun penjara.

Ba’asyir dinyatakan terbukti menjadi perencana dan penyandang dana bagi pelatihan kelompok bersenjata di Pegunungan Jantho, Aceh, pada tahun 2010.

Pendiri Ponpes Al Mukmin, Ngruki, Solo itu sebelumnya dipenjara di LP Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah. Dia kemudian dipindahkan ke LP Gunung Sindur pada 16 April 2016. (dd)

25000onon

COMMENTS

Ikuti kami di media sosial

Please Like and Follow