Buwas Pastikan Pihak Lapas Terlibat Jaringan Narkoba

SHARE:

Buwas Pastikan Pihak Lapas Terlibat Jaringan Narkoba
Kepala Badan Narkotika Nasional, Budi Waseso
Diam-Diam BNN Tangsel Lakukan Tes Urin ke Sejumlah OPD
BNN Kota Tangsel Ungkap Jaringan Peredaran Narkoba Golongan Satu
Ada 250 Ton Sabu Yang Beredar di Indonesia

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komjen Pol Budi Waseso atau biasa disapa Buwas, mengatakan, ada pihak Lembaga Pemasyarakatan (lapas) Tanjung Gusta, Sumatera Utara, yang terlibat dalam jaringan narkoba terpidana mati kasus narkoba, Toge.

Toge mengendalikan bisnisnya dari dalam lapas menggunakan sejumlah alat komunikasi. Pengungkapan jaringan ini merupakan hasil kerjasama BNN dengan Polisi Diraja Malaysia, setelah sebelumya diawali dengan penangkapan tersangka SU (38) dan WA (35) di Jalan Gatot Subroto, Sumatera Utara pada 14 Mei lalu.

“Dari mereka ini lah kita kembangkan lagi, maka kita temukan jaringan yang sesungguhnya, yaitu di lapas, ini di Lapas Tanjung Gusta,” kata Buwas.

Buwas menyebut di lapas itu pihaknya menemukan timbunan narkoba, yang tidak mungkin bisa dikumpulkan tanpa bantuan dari pihak dalam lapas.

“Pasti, bukan kemungkinan, namanya narkoba ada kakinya nggak, bisa jalan sendiri,” tandasnya.

Namun menurut Buwas, pihaknya tidak sampai menangkap petugas lapas yang diduga terlibat, sebab yang akan mendalami hal itu adalah pihak Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) yang membawahi Ditjen Pemasyarakatan.

“Itu yang mendalami dirjen lapas, kita kan sudah punya data, data itu kita serahkan, kita ingin bagaimana peran aktif dari pihak lapas, kita tidak mau mencampuri urusan itu,” jelas Buwas. (za/tr)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

COMMENTS