Begini Tanggapan Polisi Soal Rizieq Mengadu ke Komisi HAM PBB

SHARE:

Begini Tanggapan Polisi Soal Rizieq Mengadu ke Komisi HAM PBB
Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Setyo Wasisto
Gelar Perkara Pornografi, Kejagung Tolak Berkas Firza Husein
Ini Penjelasan Polri Soal Foto Kapolda Metro Jaya Duduk Satu Meja dengan Pembacok Herman

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Imam Besar FPI, Rizieq Shihab, melalui kuasa hukumnya menyatakan akan mengadu ke Komisi HAM Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) soal pemanggilannya oleh Polisi terkait kasus dugaan chat mesum yang menjerat nama dirinya dan Firza Husein.

Menangapi hal itu, pihak mabes Polri mengatakan tidak mempermasalahkan rencana Rizieq Shihab tersebut, sebab itu adalah hak mereka untuk meminta bantuan pada PBB. Jika kemudian rencana itu benar direalisasiakan, maka polisi tentu menghargai upaya pihak Rizieq tersebut.

“Saya kira kalau mau minta bantuan PBB itu hak mereka. Kami juga harus menghormati,” kata Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Setyo Wasisto di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (18/5).

Sementara itu mengenai blue notice Interpol, Setyo mengaku belum menerima laporan dari penyidik kasus tersebut, apakah sudah mengirim surat ke Interpol Indonesia atau belum.

Penerbitan blue notice Interpol bertujuan untuk mengetahui posisi dan kegiatan pihak saksi dari suatu kasus. Namun jika status yang bersangkutan sudah menjadi tersangka, maka interpol bisa mengeluarkan red notice untuk melakukan penangkapan.

“Kalau belum tersangka, bisa aja digunakan blue notice untuk mengetahui posisi dan kegiatannya. Tapi kalau statusnya sudah tersangka dan minta bantuan penangkapan, kami bisa minta bantuan jalur Interpol dengan melalui red notice,” tukas Setyo.

Ia menghibau pada Imam Besar FPI itu untuk kooperatif pada pemeriksaan Polisi dan segera pulang ke tanah air, supaya bisa melakukan klarifikasi dan pembelaan apabila memang merasa tidak bersalah.

“Sebaiknya memang datang, mengklarifikasi bahwa saya tidak melakukan, itu haknya membela diri. Kalau enggak bisa datang ke sini, terus bagaimana,” demikian Setyo. (za/te)

25000onon

COMMENTS

Ikuti kami di media sosial

Please Like and Follow