WP-MagOne-728x90

Alasan Sakit, Setnov Mangkir dari Pemeriksaan KPK

SHARE:

Alasan Sakit, Setnov Mangkir dari Pemeriksaan KPK
Ketua DPR RI Setya Novanto. (Foto: Dok. Istimewa)
Pimpinan DPR RI Dicegah ke Luar Negeri
Demi Politik yang Beretika, Setya Novanto Harus Mundur dari Jabatannya

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Ketua DPR RI Setya Novanto (Setnov) diagendakan untuk datang ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) guna menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus korupsi e-KTP pada Jumat (7/7) ini.

Namun yang bersangkutan tidak hadir memenuhi panggilan KPK dengan alasan sedang sakit. Setnov mengirimkan surat bertandatangan dirinya pada KPK untuk memberitahukan kendala ketidakhadiran dirinya tersebut.

“Kami telah menerima surat yang ditandatangani oleh saksi Setya Novanto. Bahwa yang bersangkutan tidak bisa datang dalam pemeriksaan hari ini karena alasan kesehatan,” kata juru bicara KPK Febri Diansyah pada wartawan di Gedung KPK, Jl. Rasuna Said, Jumat (7/7).

Namun Febri mengaku pihaknya tidak tahu secara persis kendala kesehatan apa yang sedang diderita oleh Ketua Umum Partai Golkar tersebut. Meskipun begitu, Febri menegaskan KPK akan tetap melakukan pemeriksaan pada Setnov dengan melakukan penjadwalan ulang.

“Tentu kami akan jadwalkan pemanggilan ulang sesuai kebutuhan proses penyidikan ini,” tukas Febri.

Selain Setnov, sejumlah saksi lain yang berasal dari unsur DPR dan Swasta yang sebelumnya tidak datang juga akan dilakukan penjadwalan ulang untuk dipanggil sesuai kebutuhan dan rencana penyidikan KPK.

Febri berharap para saksi tersebut bisa memenuhi kewajiban hukumnya dengan datang memenuhi panggilan KPK, supaya mereka bisa memberikan klarifikasi atas kasus korupsi yang sudah menjerat dua orang mantan pejabat di Kementerian Dalam Negeri tersebut.

“Kami berharap saksi yang sudah dipanggil sebelumnya hadir karena ada beberapa surat yang sudah kita sampaikan kepada para saksi bisa memenuhi kewajiban hukum tersebut. Daripada tidak hadir sehingga tidak mendapat kesempatan klarifikasi,” tukasnya. (za)

COMMENTS

Ikuti kami di media sosial

Please Like and Follow