Akuntabilitas dan Transparansi Anggota DPR lewat ‘Narsis Ria’ di Media Sosial

SHARE:

Akuntabilitas dan Transparansi Anggota DPR lewat ‘Narsis Ria’ di Media Sosial
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Bambang Soesatyo saat Diskusi Publik 'Menyoal Akuntabilitas Angota DPR RI' di Jakarta, Senin (7/5)
KPU Atur Cuti Capres Pejawat, Ketua DPR: Aturannya Mengada-ada
Ketua DPR RI Minta Pemerintah Satu Suara Dalam Pembahasan RUU Anti Terorisme
‘Olok-olok’ Saktinya Setya Novanto #ThePowerofSetyaNovanto Jadi Trending Topic

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Bambang Soesatyo mendorong para anggota DPR RI untuk ‘bernarsis ria’ mempublikasikan kegiatannya melalui media sosial. Sebab, akuntabilitas dan transparansi kinerja setiap anggota parlemen dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai wakil rakyat amat penting.

“Saya meminta anggota dewan agar mau membagi berbagai kegiatannya melalui media sosial pribadi atau grup Whatsapp. Ini dilakukan agar publik bisa mengetahui kegiatan di DPR, saat kunker atau di daerah pemilihan,” ujar Bamsoet dalam Diskusi Publik ‘Menyoal Akuntabilitas Angota DPR RI’ di Jakarta, Senin (7/5).

Politikus Partai Golkar ini menuturkan, berbagai langkah perbaikan terus dilakukan DPR dalam rangka transformasi menuju parlemen modern. Melalui penerapan transparansi, teknologi informasi, dan representasi, DPR zaman now diharapkan akan lebih dekat lagi dengan rakyat.

Baca juga  Menjelang Tahun Politik Beragam Fitnah Pada Presiden Mulai Bermunculan

“Saat ini kita sedang membangun sistem agar berbagai kegiatan DPR RI, baik persidangan maupun kunjungan kerja, dapat diketahui rakyat secara real time melalui aplikasi DPR NOW yang bisa diinstal di handphone. Kita juga melakukan kerja sama dengan KPK dalam pelaporan LHKPN, dengan Dirjen Pajak dalam pelaporan pajak anggota, dan membuat website khusus laporan pengaduan masyarakat dalam rangka mewujudkan transparasi di DPR,” kata Bamsoet.

Mantan ketua komisi III DPR RI ini juga meminta anggota DPR RI turut melibatkan Biro Pemberitaan Parlemen dalam setiap aktivitas kedewanan. hal itu agar berbagai kegiatan bisa di publikasikan melalui akun media sosial dan situs resmi DPR RI, TV dan Radio Parlemen, buletin, dan majalah DPR RI.

“Tahun lalu, DPR RI menerima dua penghargaan untuk kategori Website dan Media Sosial dari ajang kompetisi hubungan masyarakat yang diselenggarakan majalah Public Relations. Kompetisi tersebut diikuti berbagai biro humas perusahaan swasta, BUMN, organisasi, lembaga kementerian, dan pemerintah daerah. Ini membuktikan kinerja Biro Pemberitaan Parlemen sudah cukup bagus, dan tentu akan terus kita tingkatkan,” kata Bamsoet.

Baca juga  Viral Video Pasangan Mahasiswa Mesum di Masjid, Pelaku Sudah Ditangkap

Bamsoet mengapresiasi langkah Akbar Faisal dari Fraksi Nasdem yang meluncurkan laporan kinerjanya sebagai anggota DPR RI dalam acara diskusi tersebut. Sebagai representasi rakyat, kinerja Akbar memang harus dapat dipertanggungjawabkan kepada publik.

“Saya kenal baik saudara Akbar Faisal. Beliau sosok yang sangat kritis. Pandangannya sangat tajam dalam melakukan pengawasan terhadap pemerintah. Semua ia lakukan sebagai wujud pertanggungjawaban kepada konstituen yang memilihnya. Jika semua anggota DPR RI dapat melakukan hal yang serupa, tentu akan memperkuat kinerja dan citra DPR di mata publik,” kata Bamsoet. (rep)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

COMMENTS