WP-MagOne-728x90

Ada Tulisan Arab Allah dan Ali di Kostum Kuburan Viking Abad 9

SHARE:

Ada Tulisan Arab Allah dan Ali di Kostum Kuburan Viking Abad 9
The Ancient Brotherhood of the White Vikings and Brown Arabs, photo: https://gnosticwarrior.com
OTT Lagi, ICJR : Kepemimpinan Jaksa Agung HM Prasetyo Bermasalah
Dukung KPK, Presiden Jokowi: Upaya Pemberantasan Korupsi Tak Boleh Kendor

STOCKHOLM, SUARADEWAN.com – Ilmuwan menemukan kostum penguburan dari kuburan Viking telah memberikan lebih banyak bukti kontak antara suku Nordik dan Islam kuno. Penemuan ini semakin mempertegas Kebudayaan Islam mungkin saja sudah menyentuh bangsa Viking.

Viking yang dikenal sebagai bangsa penjajah dengan penemuan artefak Islam di lokasi Viking pernah dijelaskan sebagai bukti penjarahan dan perdagangan, namun temuan baru terus mengungkapkan hubungan yang lebih erat antara budaya tersebut.

Kostum dengan literatur arab itu ditemukan di kuburan kapal bangsa Viking. Mereka disimpan dalam sebuah gudang lebih dari 100 tahun. Bentuk kostum itu juga sedikit berbeda dengan pakaian makam Viking pada umumnya.

Dalam kostum tenunan berbahan dasar sutra berbalut perak itu terukir lafal ‘Allah’ dan nama ‘Ali’ yang mengacu pada Ali bin Abi Thalib sepupu dan menantu Nabi Muhammad SAW. Hasil investigasi menemukan jika pakaian itu berasal dari makam Viking yang sempat hidup pada abad ke-9 dan ke-10.

Ilmuwan percaya penemuan terbaru menunjukkan kemiripan antara pandangan Viking dan Muslim tentang kehidupan akhirat.

Ilmuwan menemukan tulisan Arab Allah di pita kostum penguburan di kuburan Viking. Kredit: Annika Larsson/Daily Mail

Penemuan itu ditemukan oleh Arkeolog tekstil, Annika Larsson dari Universitas Uppsala di Swedia. Saat itu dia tengah menggali kostum pemakaman Viking di Birka dan Gamla Uppsala pada era abad ke-19 hingga pertengaan abad ke-20.

“Material yang digunakan berasal dari Asia Tengah, Persia dan Cina, Ini adalah sesuatu yang mengejutkan bahwa pita-pita, seperti kostumnya, dibuat di sebelah barat jantung Muslim. Agaknya, kebiasaan pemakaman Era Viking dipengaruhi oleh Islam dan gagasan tentang kehidupan kekal di surga setelah kematian,” kata Annika Larsson seperti dilansir laman BBC, Kamis (12/10).

“Benda kubur yang kaya material agaknya dipandang sebagai ungkapan nyata dari nilai-nilai yang mendasarinya. Di dalam Al-Quran, ada tertulis bahwa penghuni surga akan mengenakan pakaian sutra. Prasasti pita teks itu bisa menjelaskan kemunculan sutra di kuburan Era Viking. Temuan ini sama lazimnya di kuburan laki-laki dan perempuan.”

Temuan cincin berusia 1.000 tahun yang bertuliskan Allah di Swedia pada 2015 mengkonfirmasi hubungan antara Viking dan dunia Islam. Kredit: Christer Ahlin/The Swedish History Museum

Baca juga:

Ini bukan pertama kalinya sebuah artefak Viking yang memiliki hubungan dengan Islam telah digali. Sebuah cincin, dibuat lebih dari 1.000 tahun yang lalu, pada jasad seorang wanita pada sebuah makam di Birka dua tahun lalu. Karakter tulisan dalam cincin itu serupa dengan ukiran huruf yang ditemukan dalam pakaian pemakaman baru-baru ini yakni Kufic semakin mengkonfirmasi kontak antara bangsa Viking dan dunia Muslim kuno.

Kufic merupakan bentuk kaligrafi tertua dari berbagai aksara Arab dan terdiri dari bentuk yang dimodifikasi dari aksara Nabataea lama. Kufic dikembangkan pada akhir abad ketujuh di Kufah, Irak. Cincin tersebut juga bertuliskan lafal Allah yang tertulis di atas batu. Menariknya, nama Ali baru ditemukan pada barang-barang bersejarah Skandinavia.

Tulisan kaligrafi Kufic Allah (kiri) dan baraka Muhammad yang menjadi inspirasi tulisan di pita penguburan Viking. Kredit: Annika Larsson/Daily Mail

Sementara, Larsson sudah menemukan lafal Allah dan nama Ali dalam 10 pakaian dari 100 busana yang ditemukan. Kedua tulisan itu selalu ditemukan muncul bersama, melengkapi satu sama lain.

Pada tahun 2015 di Swedia juga ditemukan prasasti Arab kuno itu bertuliskan ‘untuk Allah’ atau ‘kepada Allah’.

Koin perak Viking dari arab juga pernah ditemukan di dekat Bandar Udara Internasional Arlanda terletak di pinggiran Stockholm, Swedia. Sebanyak 470 koin ditemukan di pemakaman zaman Besi. Ratusan koin itu sempat digunakan pada abad ke-7 hingga abad ke-9 saat bangsa Viking melakukan perdagangan besar-besaran ke berbagai belahan dunia.

Penemuan itu lantas mengemukakan pertanyaan tentang bangsa Viking seperti apa yang mendiami tempat ini. Berdasarkan penggalian makam Viking lainnya dan analisis DNA menunjukan beberapa yang dikubur berasal dari Persia, di mana Islam sangat dominan.

Kendati, dia mengatakan, penemuan ini juga bisa menunjukkan kebiasaan pemakaman Viking yang dipengaruhi oleh kebudayaan Islam, seperti kehidupan kekal di surga setelah kematian. “Tapi kemungkinan kalau Viking Muslim dimakamkan di lokasi tersebut juga tidak dapat dipungkiri,” kata Annika Larsson. (REP/TE)

25000onon

COMMENTS

Ikuti kami di media sosial

Please Like and Follow