WP-MagOne-728x90

Ada 250 Ton Sabu Yang Beredar di Indonesia

SHARE:

Ada 250 Ton Sabu Yang Beredar di Indonesia
Kepala BNN Budi Waseso.
Inilah Peta Kerawanan Narkotika di Indonesia Versi BNN
Berantas Narkoba, Kepala BNN Ingin Berguru ke Presiden Filipina

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Pegungkapan satu ton sabu di Anyer, Banten beberapa waktu lalu tidak membuat Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Budi Waseso (Buwas) terlalu bangga hati. Pasalnya, menurut Buwas, pengungkapan 1 ton sabu itu hanya bagian kecil saja dari sabu yang sudah beredar di Indonesia saat ini, yakni mencapai angka hingga 250 ton.

“Sabu 250 ton itu data dari Cina soal sabu yang masuk ke Indonesia,” kata Buwas di Mukernas PPP di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara, Kamis (20/7).

Menurut Buwas, pengungkapan 1 ton Sabu di pantai Anyer itu hanya pengungkapan kecil jika dibandingkan dengan yang gagal diungkap dua bulan sebelumnya. Dan kegagalan itu menurutnya mengecewakan.

“1 ton itu nggak buat saya bahagia dan bangga, yang lolos lebih dari itu. 2 bulan lalu, sebelum puasa, saya kecewa ada kegagalan menghambat narkoba 5 ton,” tukasnya.

Buwas menceritakan pengalamannya saat berkunjung ke Tiongkok. Disana ia dibuat kaget sebab pemerintah Tiongkok ternyata tidak bisa menghentikan produksi narkoba, meskipun disisi lain mereka mengakui narkobanya memang masuk ke Indonesia.

“Mereka beri data, mereka akui bikin narkoba dan bahan narkoba dan masuk ke Indonesia. Ternyata di sana nggak melarang berbuat apa saja kecuali kejahatan. Waktu saya ke Cina, itu saya minta hentikan narkoba ditempat asal tapi nggak bisa,” ungkap Buwas.

Selain itu ia juga bercerita mengenai pengalamannya berkeliling ke beberapa negara Eropa dan Amerika untuk meneliti tentang narkoba. Ternyata di negara-negara itu jenis narkoba yang beredar tidak lebih dari 7 jenis, sementara di Indonesia mencapai 800 jenis.

“Yang sangat luar biasa lagi, saya keliling ke beberapa negara, Amerika Serikat itu narkoba cuma 6 jenis, Amsterdam (Belanda) 5 jenis, Kolombia 3 jenis, Rusia 3 jenis, Prancis 3 jenis. Nggak ada yang lebih dari 7 jenis. Di Indonesia semua jenis ada. 800 jenis baru narkoba juga ada di Indonesia,” tandasnya. (za)

25000onon

COMMENTS

Ikuti kami di media sosial

Please Like and Follow