WP-MagOne-728x90

7 Pemimpin Perempuan Sulut Ini Tak Sekedar Cantik Tapi Juga Hebat

SHARE:

7 Pemimpin Perempuan Sulut Ini Tak Sekedar Cantik Tapi Juga Hebat
Sri Wahyumi Maria Manalip, Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud Periode 2014-2019
Wiranto: Hukum Orba Jauh Lebih Kuat Ketimbang Era Reformasi
Isu Krusial di RUU Pemilu Ternyata Tak Hanya Lima

MANADO, SUARADEWAN.com – Kesetaraan gender di bumi Nyiur Melambai Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sudah diakui sejak dahulu, perempuan di daerah ini dikenal kuat dan mampu memimpin.

Di provinsi ini mulai dari dunia politik, pemerintahan (birokrat), hingga berbagai bidang tak sedikit menampilkan tokoh perempuan. Dalam dunia politik perempuan di daerah ini sudah setara dengan laki-laki. Karena sudah banyak perempuan menjadi pemimpin di Sulut seperti menjadi Walikota/ Bupati atau Wakil Walikota/Bupati.

Pada periode sekarang, di provinsi Sulut ada tujuh kabupaten/kota dipimpin perempuan. Yakni Kabupaten Minahasa Utara oleh Vonnie Panambunan, Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara, Bupati Kabupaten Talaud Sri Wahyumi Manalip, Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu, dan Bupati Bolaang Mongondow Yasti Soepredjo Mokoagouw. Untuk posisi wakil bupati ada di Kepulauan Sitaro Sisca Salindeho dan Kota Tomohon Syerli Adelin Sompotan.

Disamping itu, Provinsi Sulawesi Utara pernah memiliki Marlina Moha-Siahaan (mantan Bupati Bolmong), Telly Tjanggung (mantan Bupati Minahasa Tenggara), Yulisa Baramuli (Mantan Wakil Bupati Minahasa Utara), Syenie Watulangkow (mantan Wakil Walikota Tomohon). Bahkan negeri Nyiur Melambai ini pernah telah melahirkan tokoh pahlawan nasional perempuan, yakni Maria Walanda Maramis.

Baca juga: Terlalu Sibuk, Bupati Cantik Ini Menjanda Untuk Ketiga Kalinya

Berikut 7 Perempuan Cantik yang kini menjabat sebagai Kepala Daerah di provinsi Sulawesi Utara:

1. Vonnie Anneke Panambunan (Bupati Minahasa Utara)

Vonnie Anneke Panambunan (lahir 6 Oktober 1961; umur 56 tahun) adalah Bupati Minahasa Utara periode kedua sejak 17 Februari 2016. Ia pernah menjabat sebagai Bupati Minahasa Utara periode pertama sejak 14 Agustus 2005 hingga April 2008.

2. Ir. Hj. Tatong Bara Hasibuan (Walikota Kotamobagu)

Ir Hj. Tatong Bara Hasibuan, Walikota Kotamobagu (Lahir pada 11 Juli 1967), dilantik menjadi Walikota Kotamobagu untuk periode 2013-2018

3. Sri Wahyumi Maria Manalip, SE (Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud)

Sri Wahyumi Maria Manalip, Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud Periode 2014-2019

4. Christiany Eugenia Paruntu (Bupati Kabupaten Minahasa Selatan)

Christiany Eugenia Tetty Paruntu (lahir di Manado, 25 September 1967; umur 50 tahun), Bupati Kabupaten Minahasa Selatan Periode 2010-2015 dan 2016-2021

5. Yasti Soepredjo Mokoagouw (Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow)

Yasti Soepredjo Mokoagouw, Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (lahir 8 Maret 1968) Periode 2017-2022, sebelumnya adalah Anggota DPR RI dari Fraksi PAN

6. Sisca Salindeho (Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sitaro)

Sisca Salindeho (Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sitaro) Periode 2013-2018

7. Syerli Adelin Sompotan (Wakil Walikota Tomohon)

Syerly Adelyn Sompotan Wakil Walikota Tomohon periode 2016-2021.

25000onon

COMMENTS

Ikuti kami di media sosial

Please Like and Follow