5 Tahun Jadi Buronan Korupsi, Eks Anggota DPRD Sultra Ditangkap

SHARE:

5 Tahun Jadi Buronan Korupsi, Eks Anggota DPRD Sultra Ditangkap
Mantan anggota DPRD Sultra Siti Haola Mokodompit yang dieksekusi Kejagung RI dalam kasus korupsi perjalanan dinas fiktif.(IST)
Anggota Bertambah, DPR Minta Kepastian Gedung Baru kepada Pemerintah
ICMI Minta Calon Kepala Daerah Tak Tebar Kebencian
Kampus Muhammadiyah Jogja Tak Larang HTI

JAKARTA – Kejaksaan Agung (Kejagung) menangkap eks anggota DPRD Sulawesi Tenggara (Sultra) periode 1999-2004 sekaligus buronan kasus korupsi, Siti Haola Mokodompit. Siti merupakan terpidana kasus korupsi yang telah lima tahun menjadi buron.

Jaksa Agung Muda Intelijen Jan Maringka mengungkapkan bahwa, Siti ditangkap di kawasan Radio Dalam Jakarta Selatan. Dalam penangkapan tersebut, Jan menyebut, pihak Siti sempat melakukan perlawanan saat hendak ditangkap.

Baca juga  Tolak Radikalisme, Raja Salman Usir Rizieq Shihab dari Arab Saudi

“Ketika hendak dilakukan penangkapan sempat ada perlawanan dari pihak keluarga, namun tim kami berhasil bernegosiasi dan membawa terpidana ke Kejaksaan Agung,” kata Jan, Jakarta, Jumat 13 April 2018.

Dalam kasusnya, Siti bersama tujuh anggota DPRD Sultra periode 1999- 2004 lainnya secara bersama-sama melakukan korupsi dengan modus memanipulasi penggunaaan anggaran perjalanan dinas.

Jan mengatakan, akibat perbuatannya itu, Siti beserta rekannya itu telah merugikan keuangan negara sebesar Rp16 miliar. Akibat perbuatannya, Siti harus menjalani pidana penjara selama 1 tahun dan membayar pidana denda sebesar Rp50 juta subsider satu bulan kurungan.

Baca juga  Buronan Pembantai Satu Keluarga di Medan Berhasil Ditangkap

Jan mengungkapkan, penangkapan Siti ini merupakan kelanjutan dari program tangkap buronan (tabur). Sejauh ini, Kejagung sudah berhasil menangkap 66 orang buronan.

“Setiap Kejati diberi target minimal menangkap satu buronan pelaku tindak pidana setiap bulannya,” tutup Jan. (OZ)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

COMMENTS