14 Juli 2006: Dua Titel Scudetto Juventus Dilucuti, Sekaligus Degradasi Ke Serie B

SHARE:

14 Juli 2006: Dua Titel Scudetto Juventus Dilucuti, Sekaligus Degradasi Ke Serie B
Juventus merayakan titel Scudetto Serie B musim 2006-2007
Armani, Inter, dan Mimpi di Kota Milan
Trofi Liga Champion Milik Liverpool Dipamerkan di Mall Taman Anggrek Sampai Minggu Besok
Inter Milan Puncaki Klasemen, Icardi Masuk 10 Besar Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa Inter

SUARADEWAN.com – Tanggal 14 Juli 2006 menjadi hari yang paling tidak bisa dilupakan oleh tifosi dan menjadi sejarah kelam Juventus. Pada hari ini 11 tahun yang lalu, Juventus harus menerima kenyataan degradasi ke Serie B, sekaligus dilucuti dua trofi Scudetto-nya.

Hal ini merujuk pada terkuaknya skandal Calciopoli, skandal pengaturan skor di kompetisi sepak bola Italia musim 2005-2006 dimana saat itu Juventus menjadi Scudetto. Juventus dianggap sebagai aktor utama bersama dengan empat klub lainnya. Kelima klub tersebut antara lain, Juventus, Fiorentina, Lazio, Reggina, dan juga AC Milan.

Setelah mendalami berbagai temuan pihak kepolisian yang melakukan investigasi selama berlangsungnya kompetisi musim 2005–2006, Panel Federasi Sepak Bola memutuskan lima klub bersalah karena terlibat dalam skandal yang dikenal sebutan Calciopoli tersebut.

Baca juga  Liga Champion 2018/2019 Italia Akan Kirimkan 5 Wakilnya, Berikut Skenarionya

Lima klub ini kemudian mendapat hukuman beragam. AC Milan dijatuhi sanksi pengurangan poin untuk kompetisi Serie-A musim depan. Fiorentina, Lazio, Juventus juga harus mengalami pengurangan poin. Lebih buruk lagi, mereka harus turun kasta ke Serie-B.

Khusus bagi Juve, mereka juga harus menerima kenyataan, dua trofi Scudetto yang mereka raih pada musim 2005 dan 2006 juga dicabut. Satu dilimpahkan ke Inter Milan, dan satu lagi ditiadakan

Keputusan ini membuat Juve ditinggal banyak pemain bintangnya, di antaranya Fabio Cannavaro (Real Madrid), Lilian Thuram, dan Gianluca Zambrota yang bergabung dengan Barcelona.

Direktur tim Juve, Luciano Moggi yang disebut-sebut sebagai otak dari praktik kotor Juventus, juga tak luput dari hukuman. Moggi mendapatkan sanksi larangan aktif di sepak bola seumur hidup.

Pendukung Juventus membentangkan bendera raksasa (Foto: daily mail)

Kelima klub ini kemudian mengajukan banding, putusan banding rata-rata memberikan keringanan. Milan yang sejatinya dihukum pengurangan 15 poin dikurangi menjadi delapan.

Baca juga  Derby d'Italia Berakhir Imbang, Inter Pertahankan Posisi Puncak Serie A

Fiorentina dari 19 poin menjadi 15 poin. Sementara itu, Lazio dari 11 menjadi 3. Sementara, Juventus dari 30 poin, menjadi 9 poin saat memulai petualangan pertamanya dalam sejarah tampil di Serie-B.

Meski memulai kompetisi dengan poin -9, Juve tak lantas tampil seadanya. Mereka justru tampil luar biasa dan langsung kembali promosi ke Serie-A dengan status juara Serie-B. (ZR/MT)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

COMMENTS